IQRO: Journal of Islamic Education
Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021

PERSEPSI DOSEN FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI IAIN PALOPO

AGUSTAN AGUSTAN AGUSTAN (IAIN PALOPO)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah khususnya Kementerian Agama RI dalam upaya meminimalisir terjadinya penyebaran dan penularan Covid-19 termasuk di lingkungan Perguruan Tinggi Islam Negeri. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perspepsi dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palopo terhadap pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei deskriptif dengan menggunakan simple random sampling di mana sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 dosen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket  (quesioner)  melalui  google form  kepada dosen yang telah melaksanakan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media pembelajaran yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Whatsapp group, Pelaksanaan perkuliahan daring pada umumnya  dilaksanakan di lokasi kampus IAIN Palopo, Metode perkuliahan daring dengan menggunakan tatap muka secara langsun melalui aplikasi video converence, Kendala yang dihadapi dosen dalam melaksanakan perkuliahan daring  yaitu kesulitan dalam menyampaikan materi, Keluhan mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu kesusahan meminta toleransi kepada dosen dengan alasan jaringan buruk, dan perkuliahan daring kadang-kadang efektif dilaksanakan oleh dosen di masa pandemi Covid-19. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...