Journal Computer Science and Informatic Systems : J-Cosys
Vol 1, No 2 (2021): J-Cosys - September 2021

PENDEKATAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN : STUDI KASUS PT BERNOFARM

Birgita Priska Avia (STMIK Dharma Wacana)
Ridwan Yusuf (STMIK Dharma Wacana)
Muhammad Reza Redo Islami (STMIK Dharma Wacana)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

PT Bernofarm adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap penjualan produk berupa obat oral dan injeksi. Marketing tersebut diwajibkan untuk menjual kepada rumah sakit dan apotek-apotek yang berada di kota Metro. Dalam pemesanan produk oleh pelanggan sering terjadinya kekosongan stok, sehingga hal ini membuat pelanggan beralih ke pembelian perusahaan lain. Adapun keluhan yang dialami oleh pelanggan yaitu keterlambatan nya pengiriman stok barang, kurang nya komunikasi antara salesman dengan rumah sakit dalam penagihan faktur obat, terjadinya ke kosongan stok dari pabrik serta kesalahan dalam penginputan orderan.Program CRM dapat membantu perusahaan melacak hampir semua detail bisnis yang terjadi antara perusahaan dan klien, mulai dari alamat penagihan hingga hari pengiriman. Sistem CRM pertama kali dikembangkan untuk bisnis besar dengan tim penjualan besar. CRM dapat membantu mengelola kontak dan catatan yang ada pada bisnis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JCO

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Decision Support System Data mining Artificial Intelligence Networking Database Systems Multimedia Information Systems System Analyst Enterprice Resource Planning Management System, Knowledge Discovery in Data Expert System Networking Computer Neural networks Machine ...