Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 3, No 02 (2020)

Mengukur Kualitas Jurnalistik Pewarta Muda Lulusan Uji Kompetensi Wartawan di Jakarta

Deddy Irwandy (Fakultas Komunikasi, Institut Komunikasi & Bisnis LSPR Jl K.H. Mas Mansyur Kav 35, Jakarta Pusat 12310, Indonesia)
Rizka Septiana (Fakultas Komunikasi, Institut Komunikasi & Bisnis LSPR Jl K.H. Mas Mansyur Kav 35, Jakarta Pusat 12310, Indonesia)
Artini Artini (Fakultas Komunikasi, Institut Komunikasi & Bisnis LSPR Jl K.H. Mas Mansyur Kav 35, Jakarta Pusat 12310, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2020

Abstract

Kualitas jurnalistik DKI Jakarta dapat dilihat pada skor Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) provinsi DKI Jakarta tahun 2020 yakni 72.63, masih masuk kategori baik, namun posisinya pada urutan ketiga dari bawah di antara 34 provinsi. Ini artinya kualitas pers DKI Jakarta dapat dikatakan buruk. Skor tersebut turun dibanding IKP DKI Jakarta tahun 2019 yakni 74.37. Meski skore menunjukkan baik, namun kualitas jurnalistik dapat dimaknai masih buruk karena masih sangat jauh menuju angka 100. Tahun 2019 tercatat 600 pengaduan masyarakat ke Dewan Pers, yang sebagian besar karena pelanggaran Kode Etik Jurnalistik, antara lain karena tidak melakukan konfirmasi, masih menerima suap, kloning berita dan plagiat. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kualitas jurnalistik wartawan lulusan uji kompetensi wartawan (UKW) tingkat muda di Jakarta dengan informan yang memberikan penilaian adalah masyarakat yang mempunyai pengalaman berhubungan dengan para wartawan muda yakni para redaktur, narasumber dan Humas. Metodologi yang digunakan adalah mixmethod yakni survei 100 responden di Jakarta dan indepth interview dengan Ketua Umum AJI 2017-2021 Abdul Manan dan Ketua Umum Dewan Pers periode 2013-2019 Yosep Adi Prasetyo. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi pengembangan mutu UKW dan mendorong wartawan terus meningkatkan kualitas jurnalistik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...