Health Information : Jurnal Penelitian
Vol 13 No 2 (2021): Juli-Desember

Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir selama masa Pandemi Covid

Dewani Yustika (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa, Indonesia)
Arni Nur Rahmawati (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa, Indonesia)
Noor Rochmah Ida Ayu Trisno Putri (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa, Indonesia)
Feti Kumala Dewi (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir akan mengalami peningkatan dalam stres, khususnya dalam proses penyusunan skripsi. Namun stres tersebut dapat menurun manakala kesejahteraan mahasiswa dalam kategori tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kesejahteraan psikologis dengan stress pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional terhadap 61 mahasiswa akhir regular yakni S1 Keperawatan dan S1 Farmasi. Data primer diambil dengan Scales of Psychological Well-being dan Depression Anxiety and Stress Scale (DASS-14). Hasil dari analisis bivariat menunjukan bahwa adanya hubungan yang rendah pada kesejahteraan psikologis dengan stress pada mahasiswa tingkat akhir dengan arah hubungan yang negatif (r=-.255; p=0,047).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HIJP

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Health Information : Jurnal Penelitian adalah jurnal kesehatan yang bersifat mandiri, amanah, rasional, akuntabel dan global yang berisi hasil penelitian dengan metode kuantitatif dan ...