Jurnal Eduscience (JES)
Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Eduscience (JES)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 29 SUNGAI PUANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

dwi cahyadi wibowo (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memperoleh informasi secara objektif mengenai peningkatan keterampilan menulis pantun menggunakan model think talk write (TTW). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran think talk write di kelas V SD Negeri 29 Sungai Puang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh rata-rata 79,34% dengan kategori baik.  Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 2 diperoleh rata-rata 89,66% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata 71,71% dengan kategori baik.  Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 2 diperoleh rata-rata 84,34% dengan kategori sangat baik. (2) Terdapat peningkatan keterampilan menulis pantun siswa di kelas V SD Negeri 29 Sungai Puang setelah diterapkan model pembelajaran think talk write. Hasil menulis pantun siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 66,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,67%, sedangkan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 72,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. (3) Respon siswa dalam model pembelajaran think talk write dalam menulis pantun pada siswa kelas V SD Negeri 29 Tahun Pelajaran 2019/2020 siswa menyatakan cukup menarik, menyenangkan, dan membantu dalam memahami materi yang diajarkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...