Penyebaran virus Corona berdampak signifikan pada dunia pendidikan. Kebijakan yang diambil oleh banyak negara termasuk Indonesia adalah dengan meliburkan seluruh aktivitas pendidikan. Hal ini membuat pemerintah dan lembaga terkait harus menghadirkan alternatif proses pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa ditambah dengan perubahan kondisi pembelajaran akibat wabah virus Corona (Covid-19). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai dampak dan kendala dari wabah COVID-19 terhadap kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sikur. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan metode pretest - posttest kemampuan siswa sebelum dan setelah adanya pandemi Covid-19. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan uji t sampel berpasangan (paired sample t-test) untuk menguji perbedaan pengaruh dua perlakuan pada kelompok sampel yang saling berhubungan. Hasil analisis mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS saat sebelum dengan setelah terjadinya wabah virus corona. Diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka sebesar 86,27 lebih baik dibandingkan nilai rata-rata saat proses pembelajaran dilakukan secara online yaitu sebesar 75,73.
Copyrights © 2020