Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi
Vol 4, No 2 (2020): Desember 2020

Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal dalam Penguatan Karakter Siapsiaga Bencana

Mukhlis Mustofa (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Slamet Riyadi, Surakarta, Indonesia)
Oktiana Handini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Slamet Riyadi, Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Tingginya angka korban jiwa dan kerugian harta benda akibat bencana salah satunya disebabkan lemahnya kesiapsiagaan terhadap suatu bencana. karakter siapsiaga bencana tentunya tidak terbentuk secara instan, namun melewati proses yang panjang. Pendidikan kebencanaan berbasis kearifan local merupakan langkah yang tepat dalam penguatan karakter siapsiaga bencana pada siswa. Pendidikan kebencanaan menjadi sangat penting untuk diselenggarakan mulai dari pendidikan tingkat dasar hingga pendidikan tinggi. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui secara konseptual-teoritis bagaimana pendidikan kebencanaan berbasis kearifan lokal mampu memperkuat karakter siapsiaga bencana. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kepustakaan atau library research, atau dapat disebut juga dengan metode literature review, yaitu jenis kajian yang dilakukan dengan menelaah literatur-literatur terkait yang relevan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan kebencanaan berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan karakter kesiapsiagaan siswa. Sehingga dengan semakin kuatnya karakter kesiapsiagaan siswa dapat mengurangi risiko jika terjadi bencana.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gdk

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan cakupan hasil penelitian geografi bidang pendidikan dan pembelajaran, sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kependudukan, pengembangan wilayah, kebencanaan serta pengelolaan ...