Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo
Vol 4, No 1 (2020)

WORKSHOP PENDIDIKAN LITERASI MEDIA DALAM MENANGKAL HOAX DI MEDIA SOSIAL KEPADA “KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA TARAKAN” KALIMANTAN UTARA

Rita Kumala Sari (Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan)
Siti Sulistyani Pamuji (Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan)
Eva Apriani (Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Literasi  secara umum adalah kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis.  Literasi tidak hanya pada persoalan membaca dan menulis, tetapi kemmpuan untuk memahami media merupakan salah satu jenis literasi. Literasi media merupakan seperangkat perspektif yang digunakan secara aktif saat mengakses media masa untuk menginterpretasikan pesan yang di hadapi. Meskipun beragam definisi tentang literasi media telah dikemukakan oleh banyak pihak, namun secara garis besar menyebutkan bahwa literasi media berhubungan dengan bagaimana khalayak dapat mengambil kontrol atas media. Literasi media merupakan skill untuk menilai makna dalam setiap jenis pesan, mengorganisasikan, dan kemudian membangun pesan untuk disampaikan kepada orang lain. Tujuan dalam program Program Kemitraan Masyarakat ini, yaitu untuk melalukan workshop pendidikan literasi media dalam menangkal hoax kepada komisi pemilihan umum kota tarakan. Target Khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah pemahaman terhadap penyebaran hoax di medsos kpada kpu kota tarakan. Publikasi Ilmiah dalam bentuk Jurnal maupun poster. Metode yang akan dicapai dalam pencapaian tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan melakukan workshop pendidikan literasi media yaitu dengan memberikan pemahaman terhadap pentingnya pendidikan literasi bagi komisioner komisi pemilihan umum.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo) adalah journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian dosen, praktisi, dan Ahli kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan oleh LPPM UBT ...