Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 1 No. 1 (2017): November 2017

Pengaruh Model Pemebelajaran SAVI pada Keterampilan Bina Diri bagi Anak Tunagrahita

Anisa Fadhilah (PLB FIP UNP)
Jon Efendi (Unknown)
Marlina Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dilapangan terdapat dua orang anak tunagrahita yang mengalami permasalahan belum bisa membuat bunga dari sabun dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan membuat bunga dari sabun pada anak tunagrahita kelas VII di SLB Salsabilla Indah Padang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan tatap muka dan disetiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Metode penelitian ini peneliti lakukan dengan berkolaborasi dengan guru kelas. Siklus yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam membuat bunga dari sabun mengalami peningkatan. Hal ini diperoleh melalui data penelitian yang telah dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membuat bunga dari sabun dapat meningkat melalui model pembelajaran SAVI.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...