SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
Vol 1, No 2 (2019)

Latihan “Pesan Aku (I Message)”: Sebuah Praktek Baik untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Asertif dan Etis Peserta Didik

Risma Indah Larasati (SMKN 2 Depok Sleman, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan berkomunikasi asertif dan etis peserta didik SMK melalui latihan “pesan aku”. Melalui latihan ini peserta didik diharapkan mampu mengungkapkan pendapat berupa pikiran dan perasaanya secara tepat dan jelas, menampilkan cara komunikasi verbal dan non-verbal yang sesuai, memiliki rasa percaya diri dan mampu mensikapi ajakan-ajakan negatif yang ditawarkan kepadanya dengan tanpa ragu mengungkapkan prinsip-prinsip pribadinya, serta selalu berusaha memelihara relasi yang harmonis dan setara dengan orang lain. Subjek penelitian ini adalah 1 kelas peserta didik kelas XI salah satu SMKN di Yogyakarta. Jumlah peserta didik 30 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Kegiatan berlatih pesan aku dilakukan dalam format Layanan Bimbingan Klasikal dalam 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menanggapi kegiatan ini dengan respon positif ditandai dengan mau terlibat. Pada awal kegiatan kelihatan memang sulit dan agak malu-malu, terutama dalam latihan mengungkapkan respon asertif secara lisan. Tetapi Guru BK selalu memberi umpan balik untuk tiap respon yang diungkapkan. Pada umumnya peserta didik mampu memberi respon asertif yang sesuai dengan situasi yang diberikan, meskipun masih perlu perbaikan.  Melalui berlatih menanggapi dengan tertulis peserta didik mulai dapat mengatur kalimat secara lebih sistematis saat memberi tanggapan. Saat menanggapi situasi rekan yang berisi ajakan negatif, peserta didik mampu mengungkapkan prinsip pribadinya. Respon non-verbal dapat ditampakkan. Pada umumnya peserta didik mampu memberi respon non-verbal yang sesuai. Peserta didik mampu memberi pendapat pribadinya saat diberi kesempatan untuk memberikan hasil pengamatan atau koreksi terhadap penampilan temannya, Peserta didik mampu mengajukan dirinya sendiri tidak menunjuk teman lain. Kesimpulan penelitian ini adalah latihan “pesan aku (I message)” dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan asertif dan etis peserta didik kelas XI SMK

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

solution

Publisher

Subject

Education

Description

SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini ...