EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 10, No 1 (2022)

Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi dan Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jawa Timur

Roni Wiranata (Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Lumajang)
Siti Aisyah (Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Lumajang)
Triwilujeng Ayuningtyas (Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Research ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat inflasi dan pengangguran berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam research ini rancangan metodologi yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif karena dianggap tepat untuk dilaksanakan dimana dalam pengeloloaan data, untuk melakukan ananalisa dilakukan teknik analisis dengan regresi linier berganda. Data didapat Badan Pusat Statistik Jawa Timur. Pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis yaitu Uji t (Parsial) dan Uji F (Simultan). Dapat diperoleh hasil dari peneltian ini diketahui analisis hipotesis secara parsial nilai signifikansi inflasi terhadap PDB jatim adalah 0.040 < 0.05. dari hasil tersebut diketahui variabel inflasi ini berpengaruh pada PDB selama pandemi Covid-19. Sedangkan nilai signifikansi hipotesis kedua adalah 0.814 > 0.05. Sehingga diketahui pengangguran tidak berpengaruh terhadap PDB Jatim dan hasil uji F nilai signifikansi 0.090 > 0.05, disimpulkan bahwasannya hasil statistik untuk variabel inflasi dan pengangguran tidak memiliki dampak terhadap PDB Jatim selama pandemi 2020. Pemerintah dan masyarakat terus saling bekerjasaman dan mendukung dimana pada masa pandemi ini semua kalangan terdampak bahkan seluruh dunia memiliki masalah yang sama

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...