Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 3 No. 2 (2021)

Pelaksanaan Pembelajaran Pada Anak Tuna Grahita (Disabilitas Intelektual) Di Sekolah Luar Biasa Pangkalpinang

Wisnu Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini diawali oleh permasalahan yang peneliti temukan saat berada dilapangan yaitu di kelas V Sekolah Luar Biasa Pangkalpinang. Peneliti melihat dan mengamati secara seksama bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia adanya kesulitan yang dialami guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik tunagrahita karena situasi peserta didik yang berbeda ari yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada anak tunagrahita,(2) Kendala apa saja yang dihadapi guru, (3) Bagaimana upaya guru mengatasi kendala tersebut. Penggunaan metode dalam peneletian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik kelas V Tuna Grahita (Disabilitas Intelektual). Proses pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...