Pendidikan karakter merupakan hal yang penting dalam perilaku kehidupan individu dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dalam kehidupan sehari-hari selalu mengandalkan gadget. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembentukan karakter peserta didik dalam penggunaan gadget. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara diberikan kepada guru, kepala sekolah dan peserta didik terkait dengan penggunaan gadget di sekolah dasar. Observasi dan dokumentasi dimanfaatkan untuk pengambilan data terkait dengan karakter yang terbentuk ketika peserta didik menggunakan gadget. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik dalam penggunaan gadget kurang baik. Hal ini dikarenakan peserta didik lebih dominan bukan untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar, namun untuk kesenangan dan bermain.
Copyrights © 2021