Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran
Vol 3 No 2 (2021): Learning Innovation in Social Change and Society

Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Kabupaten Tegal

Kurotul Aeni (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Tri Astuti (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Utoyo Utoyo (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Sri Ismi Rahayu (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Akhmad Junaedi (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Pendidikan karakter penting dikembangkan pada peserta didik Sekolah Dasar, guna mengembangkan pembiasaan berpikir dan berperilaku yang membantu peserta didik menghadapi dan mengatasi problema dalam kehidupannya baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Berbagai fenomena muncul dalam lingkup pendidikan, yakni kurangnya keteladanan guru, masih rendahnya pemahaman guru terkait pendidikan karakter, serta kurangnya pelatihan guru guna memahami pentingnya pendidikan karakter. Guru yang memahami dan menyikapi pentingnya pendidikan karakter di sekolah, disertai dengan keteladanan akan mendukung peran guru dalam upaya penguatan pendidikan karakter di sekolah. Guru hendaknya juga memahami, menyadari, serta memperbaiki kelemahannya dalam upaya Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Tim pengusul proposal berusaha memadukan berbagai ide dan gagasan dalam mengatasi persoalan tersebut melalui pelatihan dengan judul Pemberdayaan Guru SD dalam Penguatan Pendidikan Karakter di kecamatan Kramat kabupaten Tegal. Pendekatan yang digunakan, yakni pelatihan kolaborasi edukasi kontekstual. Metode yang digunakan ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan; pelaksanaannya secara virtual dengan grup WhatsApp dan Voice Note. Hasil pengabdian pada masyarakat menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil, peserta antusias dalam kegiatan karena para guru belum pernah mendapatkan pelatihan terkait Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Hasil pelatihan menunjukkan para guru SD kecamatan Kramat telah mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya terkait pendidikan karakter di sekolah. Hal tersebut tampak dari hasil tanya jawab, diskusi serta penugasan pada guru yang telah menerapkan pendidikan karakter di berbagai kegiatan di sekolahnya, namun perlu ditingkatkan lagi sehingga pendidikan karakter semakin kuat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

panjar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan bulan Agustus berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang jurnal pengabdian bidang pendidikan, yaitu bidang sosial humaniora yang melingkupi berbagai bidang ...