Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran
Vol 3 No 2 (2021): Learning Innovation in Social Change and Society

Pendampingan Guru SMK dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Pengecoran Logam

Widi Widayat (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Angga Septiyanto (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Sonika Maulana (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Ramelan Ramelan (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
M. Burhan Rubai Wijaya (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Muhammad Nur Fachry A (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Wakhid Muhlisin Hidayat (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Keterbatasan sarana dan prasarana menyebabkan SMK tidak menjalankan pembelajaran untuk kompetensi dasar tertentu. Di beberapa SMK, kompetensi dasar pengecoran logam yang berada pada mata pelajaran PDTM (Pekerjaan Dasar Teknik Mesin), tidak diajarkan dengan alasan yang sama. Kegiatan ini bertujuan membantu mitra mempersiapkan perangkat pembelajaran pengecoran logam. Melalui diskusi mitra diajak membahas dan mempersiapkan perangkat pembelajaran. Diskusi didasari oleh data baik berupa dokumen maupun kondisi riil yang ada di sekolah. Mitra telah berhasil memilih kompetensi yang akan dilaksanakan pembelajarannya. Mitra mempraktekkan menentukan strategi pembelajaran berdasarkan data-data yang ada. Mitra juga memiliki keyakinan akan dapat terlaksananya pembelajaran praktek pengecoran bila kondisi telah normal atau pertemuan tatap muka sudah diperbolehkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

panjar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan bulan Agustus berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang jurnal pengabdian bidang pendidikan, yaitu bidang sosial humaniora yang melingkupi berbagai bidang ...