Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan

ANALISIS KESALAHAN BAHASA TULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOK MASIHUL

Juwita Khairani (Universitas Negeri Medan)
Diah Eka Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan bahasa tulis siswa pada tataran kosakata dan tanda baca pada teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Masihul yang berjumlah 288 orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan teks fabel siswa dan wawancara yang dilakukan oleh siswa dan guru. Kemudian dilanjut dengan mengidentifikasi kesalahan bahasa yang ditemukan. Hasil penelitian bahasa yang ditemukan dalam teks fabel siswa, aspek kesalahan dilihat dari kosakata dan tanda baca. Pada teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Masihul tersebut ditemukan kesalahan bahasa kosakata sebanyak 72, 68 %, sedangkan Kesalahan bahasa tulis siswa pada aspek tanda baca pada hasil tulisan yang terdapat dalam teks fabel siswa yaitu terdapat pada tanda baca  kesalahan tanda titik sebanyak 9, 24 %, kesalahan tanda koma sebanyak 8, 82 %, kesalahan tanda hubung sebanyak 5, 88 %, kesalahan tanda tanya sebanyak 2, 10 %, dan terakhir kesalahan penggunaan tanda petik sebanyak 5, 46 %. Kata kunci: Analisis kesalahan bahasa, teks fabel

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...