BENING
Vol 8, No 1 (2021): MEI 2021

PENGARUH NONPERFOMING LOAN (NPL) DAN RENTABILITAS TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO(CAR) DALAM MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus Bank Perkreditan Rakyat di Kota Batam)

Hati, Ravika Permata (Unknown)
Santoso, Cahyo Budi (Unknown)
Ukhriyawati, Catur Fatchu (Unknown)
Julianda, Dedi Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Nonperforming Loan (NPL) dan Rentabilitas (ROA dan ROE) terhadap kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio) pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Batam.Penelitian ini bersifat kuantitatif yang menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran terhadap variabel-variabel dengan angka dan melakukan analisis data yang telah dikumpulkan dengan metode statistik. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 Bank Perkreditan Rakyat di Kota Batam yang sesuai dengan kriteria penilitian. Variabel yang ditetapkan oleh peneliti untuk ditarik kesimpulannya adalah variabel independen yaitu kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio) dan variabel dependen yang terdiri dari Nonperforming Loan (NPL) dan Rentabilitas (ROA dan ROE). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penilitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa variabel NPL (X1) secara parsial atau individu berpengaruh signifikan secara positif terhadap CAR, variabel Rentablitas - ROA (X2) secara parsial atau individu berpengaruh signifikan positif terhadap CAR, dan variabel Rentabilitas – ROE (X3) secara parsial atau individu tidak berpengaruh signifikan terhadap CAR. Sedangkan hasil uji F diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara NPL (X1), ROA (X2), dan ROE (X3) secara bersama-sama (simultan) terhadap CAR (Y) pada Bank Perkredian Rakyat di Kota Batam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

beningjournal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal BENING mempublikasikan artikel ilmih hasil penelitian yang belum dipublikasi dimanapun dan focus pada bidang ilmu Manajemen dan bidang ilmu yang relevan seperti pemasaran, kepemimpinan, managemen keunagan dan bidang ilmu yang relevan lainnya. ...