Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3, No 2 (2021): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKILAH MENENGAH KEJURUAN

Dinda Khoirun Nisa (Institut Agama Uslam Nadlatul Ulama (IAINU) Tuban)
Dian Rustyawati (Institut Agama Uslam Nadlatul Ulama (IAINU) Tuban)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup pada sekolah menengah kejuruan (SMK) dan mengetahui relevansi pendidikan kecakapan hidup terhadap dengan pendidikan agama Islam di SMK. Lokasi penelitian adalah SMK Sunan Bejagung Tuban yang memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan yang mampu mencetak calon tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan berlandaskan iman dan taqwa serta bermanfaat bagi dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup di kelas XII SMK Sunan Bejagung ada dua jenis, pertama diwujudkan dengan Program Pasca Ujian Sekolah (US) yang pelaksanaannya dimulai setelah Ujian Sekolah (US). Program ini diupayakan oleh pihak sekolah sebagai bekal bagi siswa setelah mereka lulus atau terjun ke masyarakat untuk mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang potensial. Kedua, program pendidikan kecakapan hidup yang dimasukkan ke dalam mata pelajaran PAI. Untuk pelaksanaannya didominasi oleh kecakapan hidup yang bersifat umum dan juga didukung dengan letak SMK Sunan Bejagung yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Sunan Bejagung yang menjadikan SMK Sunan Bejagung memiliki lingkungan dan karakter islami yang terpelihara dalam kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu skup penelitian yang masih terbatas pada SMK Sunan Bejagung Tuban, sehingga bisa jadi output penelitian akan menunjukkan hasil yang berbeda jika diterapkan di sekolah lain. Untuk bisa meningkatkan kedalaman kajian mengenai relevansi pendidikan kecakapan hidup terhadap kualitas lulusan yang memiliki daya saing, pembahasan mengenai pendidikan kecakapan hidup tidak hanya sebatas pada metode dan bahan ajar, tetapi bisa diperluas dengan mencakup pembahasan kebijakan sekolah, kerjasama, dan juga output lulusan saat berada di dunia kerja, sehingga relevansi antara pendidikan kecakapan hidup terhadap daya saing lulusan menjadi semakin relevan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...