Majalah Ekonomi
Vol 21 No 2 Desember (2016)

KEPUASAN PEMBELANJA SUPERMARKET YANG DIPENGARUHI MOTIF BELANJA HEDONIK DAN UTILITARIAN MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

sukamdani, yuni (Unknown)
Purwanto, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2016

Abstract

Abstrak Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kepuasan pembelanja supermarket yang dipengaruhi motif belanja hedonik dan utilitarian mahasiswa universitas PGRI adi buana Surabaya. Studi ini menggunakan variabel bebas yaitu motif belanja hedonik dan utilitarian, serta variabel terikat kepuasan pembelanja. Studi ini termasuk dalam jenis penelitian survei yang digunakan untuk maksud penjelasan atau confirmatory, atau disebut juga penelitian untuk pengujian hipotesis yaitu untuk menjelaskan pengaruh antar variabel atau hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel dari studi ini berjumlah 120 responden yang terdiri atas Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya sebagai pembelanja supermarket di Surabaya. Teknik pengambilan sampel pada studi ini dilakukan dengan metode accidental sampling. Data diperoleh melalui penyebaran dan pengumpulan kembali kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi kepuasan pembelanja supermarket yang dipengaruhi motif belanja hedonik dan utilitarian mahasiswa universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan mengetahui bagaimana persepsi responden terhadap kepuasan pembelanja supermarket yang dipengaruhi motif belanja hedonik dan utilitarian mahasiswa universitas PGRI Adi Buana Surabaya diperoleh melalui penelitian dengan membuat rancangan model. Model hubungan antar variabel yang diteliti menghasilkan motif belanja hedonik dan utilitarian yang memiliki hubungan penting terhadap kepuasan pembelanja. Hasil studi ini juga memiliki arti penting khususnya bagi motif belanja hedonik dan utilitarian agar kepuasan pembelanja mahasiswa universitas PGRI Adi Buana Surabaya optimal. Kata Kunci: Motif Belanja Hedonik, Motif Belanja Utilitarian Dan Kepuasan Pembelanja

Copyrights © 2016