WAHANA
Vol 73 No 1 (2021): Wahana

Pengaruh Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Semester II Kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun 2020/2021

Sri Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Abstrak Belajar bahasa Inggris sangat penting karena menjadi bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi oleh orang-orang di seluruh dunia. Sedangkan dalam komunikasi ada empat keterampilan dasar berbahasa yang harus dikuasai; mereka berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Tujuan pengajaran bahasa Inggris adalah memungkinkan siswa untuk menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari baik lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh mind mapping terhadap kemampuan menulis siswa. Penulis menggunakan teknik cluster random sampling dalam pengambilan sampel dan menggunakan tes menulis untuk mendapatkan data. Dalam penelitian ini digunakan uji t untuk menganalisis data. Tes tersebut diberikan untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap kemampuan menulis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI semester II SMA N 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021 Abstract Learning English is very important because it is an international language used to communicate by people all over the world. While in communication there are four basic language skills that must be mastered; they speak, listen, read, and write. The aim of teaching English is to enable students to use English for daily communication, both spoken and written. This study aims to determine whether there is an effect of mind mapping on students' writing skills. The author uses a cluster random sampling technique in sampling and uses a writing test to obtain data. In this study, the t-test was used to analyze the data. The test was given to determine the effect of mind mapping on students' writing skills. The subjects of this research are students of class XI semester II SMA N 8 Bandar Lampung in the academic year 2020/2021

Copyrights © 2021