MIDWINERSLION Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng
Vol. 4 No. 1 (2019): Midwinerslion Jurnal Kesehatan STIKES Buleleng

HUBUNGAN SENAM ZUMBA DENGAN KEMAJUAN PERSALINAN PADA IBU BERSALIN KALA 1 FASE AKTIF DI KLINIK BERSALIN TUKAD LUAH DESA TIANYAR KECAMATAN TIANYAR KABUPATEN KARANGASEM.

Desak Ketut Sugiartini (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng)
Luh Ayu Purnami (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Pendahuluan Proses persalinan pada ibu bersalin normal suatu proses yang dapat berlangsung secara alamiah dalam waktu kurang dari 24 jam. Proses persalinan menjadi lebih lancar jika dimasa kehamilannya ibu dianjurkan melakukan senam salah satunya senam zumba yang dapat membantu ibu dalam proses persalinannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Senam Zumba dengan Kemajuan Persalinan Pada ibu bersalin Kala 1 Fase Aktif di Klinik Bersalin Tukad Luah Desa Tianyar Kecamatan Tianyar Kabupaten Karangasem tahun 2018. Metode penelitian dalam peneitian ini adalah penelitian kuantitatif studi analitik dengan metode pendekatan retrospektif. Sampel penelitian sebanyak 32 orang. Tehnik Sampling yang digunakan adalah teknik sampel Nonprobability Sampling yaitu purposive sampling Hasil Hasil penelitian dapat terlihat 32 responden dapat terlihat bahwa sebagian besar umur Ibu adalah usia dengan kriteria 20 – 35 tahun, yaitu 23 ibu (71,9%), sebagian besar pendidikan ibu SMA, yaitu sebanyak 10 ibu (31,2%), bahwa sebagian besar pekerjaan ibu dengan kriteria Ibu Rumah Tangga (IRT), yaitu sebanyak 12 responden (37,5%), dan paritas ibu sebagian besar 2 kali melahirkan sebanyak 12 ibu (37,5%). Ibu hamil yang melakukan kunjungan ke Klinik Tukad Luah dapat terlihat bahwa sebagian besar teratur melakukan senam zumba, yaitu sebanyak 15 responden (46,9 %), dapat terlihat bahwa sebagian ibu mengalami kemajuan persalinan normal yaitu sebanyak 19 responden (59,4%). Berdasarkan hasil uji chi-square yang didapatkan bahwa ρ=0,012 yang berarti 0,012 < α 0,05 artinya H0 ditolak, Ha diterima. Kesimpulan ada Hubungan Senam Zumba dengan Kemajuan Persalinan Pada ibu bersalin Kala 1 Fase Aktif di Klinik Bersalin Tukad Luah Desa Tianyar Kecamatan Tianyar Kabupaten Karangasem tahun 2018. Selain itu dijelaskan dalam dalam uji statistik yang digunakan bahwa 50,0% senam Zumba mempengaruhi kemajuan persalinan ibu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Midwinerslion

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

MIDWINERSLION Journal is a national scientific journal published by STIKes Buleleng (P-ISSN: 2528-6420 and E-ISSN: 2685-7901) and is a peer-reviewed and open-access journal. It publishes original research, review articles, short communications, case reports. The following are the research areas that ...