Voice Of Informatics
Vol 11, No 1 (2022)

Penjadwalan Kegiatan Praktikum Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus: Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang)

Bernadus Very Christioko (Universitas Semarang)
Siti Asmiatun (Universitas Semarang)
Susanto Susanto (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2022

Abstract

Masalah penjadwalan dalam pendidikan merupakan persoalan khusus dari masalah optimasi yang ditemukan pada situasi nyata karena masalah ini membutuhkan waktu komputasi yang cukup tinggi untuk pencarian solusinya. Di Universitas Semarang khususnya bagi Jurusan Teknologi Informasi, masih terdapat beberapa kendala pada proses penjadwalan praktikum karena untuk pembuatan jadwalnya masih menggunakan pengolahan data dengan Microsoft Excel. Oleh karena itu diperlukan sistem penjadwalan praktikum yang dapat menghasilkan jadwal praktikum secara otomatis. Pada penelitian ini memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di jurusan Teknologi Informasi yaitu membuat sistem penjadwalan kegiatan praktikum. Algoritma yang digunakan untuk membuat penjadwalan otomatis menggunakan algoritma genetika. Algoritma ini dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi rumit seperti penjadwalan. Dengan adanya penerapan sistem penjadwalan kegiatan praktikum, penyusunan jadwal kegiatan praktikum dapat dilakukan lebih cepat dan efisienThe scheduling problem in education is a special problem of optimization problems found in real situations because this problem requires high computational time to find a solution. At the University of Semarang, especially for the Department of Information Technology, there are still some obstacles in the practicum scheduling process because the schedule still uses data processing with Microsoft Excel. Therefore, a practicum scheduling system needs that can generate a practicum schedule automatically. This study provides a solution to the problems that exist in the Information Technology department, namely making a scheduling system for practicum activities. The algorithm used to make automatic scheduling uses a genetic algorithm. This algorithm can solve complex optimization problems such as scheduling. With the implementation of the practicum activity scheduling system, the preparation of the practicum schedule can be done more quickly and efficiently.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

voi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal VOI (Voice Of Informatics) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya, diterbitkan Bulan Januari dan Juli setiap tahunnya. Berisi hasil penelitian ilmiah di bidang informatika. Jurnal VOI ini bertujuan untuk menjembatani ...