Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
Vol 14, No 2 (2018): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

Dukungan Sosial Dan Empati Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Berdasar Jenjang Sekolah Menengah Dan Perguruan Tinggi

Yunita Kurniawati (Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya)
Faizah Faizah (Jurusan Psikologi, FISIP, Universitas Brawijaya)
Ulifa Rahma (Jurusan Psikologi, FISIP, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Salah satu faktor yang berperan penting pada pendidikan inklusi adalah teman sebaya. Dalam berinteraksi dengan teman sebaya dibutuhkan empati. Empati dapat mendukung ABK mengembangkan kemampuan interpersonalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial teman sebaya terhadap empati di sekolah inklusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP, SMK dan mahasiswa Perguruan Tinggi inklusi sebanyak 454 orang. Masing-masing subjek penelitian mengisi skala dukungan sosial teman sebaya dan skala empati. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial teman sebaya terhadap empati pada siswa SMP, SMK dan mahasiswa perguruan tinggi di sekolah inklusi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

INSIGHT

Publisher

Subject

Public Health

Description

Sejak Tanggal 9 Juli 2018 berdasarkan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENGUATAN RISET DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI NOMOR 21/E/KPT/2018 TENTANG PERINGKAT AKREDITASI JURNAL ILMIAH PERIODE I TAHUN 2018. ...