Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA)
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA)

MENGUKUR KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SISWA KELAS VII DI SEKOLAH ABC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Gabriel Nababan (Universitas Pelita Harapan)
Jun Extin Loyalti Purba (Universitas Pelita Harapan)
Kristina Anugerah Aji (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Mengembangkan pemahaman tentang apa yang mendasari keterlibatan siswa dalam lingkungan pembelajaran online merupakan hal yang penting, khususnya Close Paneldi masa pandemi Covid-19 yang telah mengharuskan para pelajar mengikuti proses pembelajaran di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keterlibatan siswa kelas VII Sekolah ABC selama pembelajaran online dan menjadi bahan evaluasi untuk proses pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar kuesioner online menggunakan skala Likert 1 hingga 5 dan menggunakan Online Student Engagement Scale yang dikembangkan oleh Marcia D. Dixson. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kuesioner online adalah valid. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi menggunakan metode Chi-Square, diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi antara keterlibatan siswa dengan asal SD sebelumnya. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji Mean menggunakan uji Z, diperoleh kesimpulan bahwa tidak cukup data untuk membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata keterlibatan antara siswa laki-laki dengan keterlibatan siswa perempuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jumadika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JUMADIKA (Jurnal Magister Pendidikan Matematika) is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instructional. Start from Mey ...