Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 2 (2019): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 2 Tahun 2019

Pengaruh nilai Perusahaan, Resiko Keuangan, Kualitas Audit, Dan Kompensasi Bonus Terhadap Earning Manajemen (Studi Pada Perbankan Syariah)

Siti Zubaidah (Jurusan/Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang)
Achmad Syaiful Hidayat Anwar (Jurusan/Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai perusahaan, resiko keuangan, kualitas audit, dan kompensasi bonus terhadap earning manajemen pada perbankan Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan Syariah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria perbankan yang memiliki data-data nilai perusahaan, resiko keuangan, kualitas audit,dan kompensasi bonus serta perusahaan yang terindikasi melakukan earning manajemen. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan tahun 2016, 2017 dan 2018 yang diambil dari website perusahaan dan Bursa Efek Indonesia Http://www.idx.co.id/. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai perusahaan dengan earning manajemen, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara resiko keuangan dengan earning manajemen, terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas audit dengan earning manajemen, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi bonus dengan earning manajemen. Kata Kunci: nilai perusahaan, resiko keuangan, kualitas audit, kompensasi bonus, dan earning manajemen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...