JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama)
Vol 6, No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1 Januari 2022

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DUSUN TERBAIK DI DESA LAU MULGAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

Aldi - Pratama (STMIK KAPUTAMA)
Novriyenni Novriyenni (STMIK KAPUTAMA)
Nurhayati Nurhayati (STMIK KAPUTAMA)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Pemberdayaan masyarakat desa perlu dilakukan penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat di desa, sehingga untuk menilai keberhasilan pembangunan desa atau dusun perlu dilakukan penilaian secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan, untuk mendukung rencana pemerintah tersebut maka dilakukan kegiatan pelaksanaan penilaian desa atau terbaik, sesuai dengan indikator penilaian. Penilaian dusun terbaik dilakukan dengan membandingkan tingkat perkembangan terakhir berdasarkan data profil desa sesuai dengan indikator penilaian. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan dusun terbaik berdasarkan skor penilaian desa dengan menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Pada dasarnya, proses pengambilan keputusan adalah memilih suatu alternatif. Penilaian dusun terbaik terdiri dari 6 kriteria. Luaran dari sistem ini berupa rangking setiap dusun yang telah dinilai sehingga menghasilkan rekomendasi untuk pengambilan keputusan dalam menentukan dusun terbaik. Nilai total paling tinggi dari setiap baris hasil perhitungan setiap subkriteria dijumlahkan, Total Nilai Paling Tinggi digunakan merupakan dasar untuk merangking dusun terbaik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama) diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Kaputama sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang aspek-aspek sistem informasi berupa hasil penelitian lapangan, laboratorium dan studi pustaka. Jurnal ini Terbit 2x setahun yaitu bulan januari dan ...