PeTeKa
Vol 4, No 2 (2021): PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran

PENINGKATAN PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP LAPORAN PORTOFOLIO BAHASA INDONESIA KELAS X ( PORTOFOLIO AND FILED EXPERIENCE) DI SMA NURUL ILMI PADANGSIDEMPUAN

Elnila Caniago (Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan)
Fita Delia Gultom (Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dengan model pembelajaran Think-Share-Pair terhadap laporan portofolio siswa di SMA Nurul Ilmi Padangsidempuan. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melaui model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap laporan Portofolio siswa.Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu melalukan pra tindakan hasil nilai rata-rata kelas siswa yang masih 60 dengan kreteria ketuntasan yang masih rendah 21 %. Setelah melakuukan ppembelajaran melalui model pembelajaran terdapat pada tindakan siklus I dengan rata-rata 72 nilai tersebut sudah mengalami peningkatan 10 % jika dilihat dari sebelum tindakan atau Pra tindakan. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal maka dilakukan tindakan siklus II dengan hasilĀ  mencapai rata-rata nilai 85 yang dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan yaitu 25 % dari Pra tindakan. Dari Hasil Penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan, Pembelajaran yang telah dilaksanakan siswa dengan model pembelajaran Think-Fair-Share memberikan pengaruh terhadap laporaran portofolio siswa kelas X SMA Nurul Ilmi Padangsidempuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...