IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL
Vol 9, No 2 (2021): IT JOURNAL OKTOBER 2021

IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI DAN ALGORITMA RC4 UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN DATA PENJUALAN VOUCHER GAME ELEKTRONIK (Studi Kasus: Berewek Cell)

Yuda Purnama Putra (Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya)
Fitri Nuraeni (Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya)
Algi Muhammad Sahrin (Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algortima Kriptografi RC4 untuk mengamankan data kode steam voucher game elektronik yang bersifat rahasia di Berewek Cell. Algortima RC4 tersebut digunakan untuk membantu mengenkripsi data teks agar tidak bisa terbaca oleh orang lain. Sedangkan steganografi digunakan untuk melindungi data saat dikirimkan dari penjual pada pembeli agar tidak ada sabotase saat pengiriman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode perancangan prototype serta pendekatan berorientasi objek serta alat bantu analisis dan perancangan yaitu uml, flowmap dan flowchart. Dari penelitian ini dihasilkan suatu sistem order dan penjualan online voucher elektronik dengan kerahasiaan kode dijamin menggunakan RC4. Kemudian untuk proses pengiriman kode dimanfaatkan media citra dengan Teknik steganografi agar selama proses pengiriman data tetap aman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ITJournal

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

IT Journal adalah jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, ...