Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2021)

Evaluasi CIPP Teaching Factory untuk Pengembangan dan Penjaminan Mutu Peserta Didik

yoto yoto (Universitas Negeri Malang)
Abdul Qolik (Universitas Negeri Malang)
Marsono Marsono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Penerapan teaching factory yang mengaitkan dunia pendidikan vokasi dengan dunia industri menimbulkan terjadinya proses check and balances pada proses pendidikan di SMK sehingga adanya keselarasan (link and match) dengan kebutuhan pasar kerja. Program pemerintah tersebut juga mengikuti pola pembelajaran abad 21 yang mengedepankan inovasi dan realisasi penciptaan ide-ide baru. Pada dasarnya pembelajan teaching factory dapat berjalan lancar apabila tiap SMK selalu melakukan kegiatan evaluasi guna meningkatkan dan selalu memperbaiki suatu program sehingga hasilnya maksimal serta dapat mencapai tujuan program. Salah satu model evaluasi yaitu CIPP. Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi evaluasi CIPP teaching factory untuk pengembangan dan penjaminan mutu peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu literatur review. Melalui paper ini lembaga institusi dapat menggunakannya untuk pengembangan dan penjaminan mutu peserta didik Kata kunci:. Evaluasi, CIPP, Peserta Didik  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtmp

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran (JTMP) diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Setiap publikasi berisi artikel yang terdiri dari makalah penelitian asli teoritis dan ...