JURNAL TIARSIE
Vol 18 No 4 (2021): Jurnal TIARSIE 18.4

Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning Bagi Siswa Inklusi di Pendidikan Vokasi

A Andriana (Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini mengkaji literatur tentang model pembelajaran Digital berbasis Deep Learning untuk memfasilitasi siswa inklusi di sekolah reguler dan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Teknologi ini terkait dengan model Pembelajaran Digital berbasis Deep Learning, Machine Learning dan Artificial Intelligence yang dapat digunakan oleh siswa Inklusi di Pendidikan Vokasi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pencarian online terhadap jurnal-jurnal bereputasi baik yang ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang dapat diakses sepenuhnya oleh penulis dengan menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis). Metode PRISMA ini mengekstrak 97 artikel dengan mencari judul, tema, kata kunci dan hasil penelitian. Hasil ekstrak yang diperoleh adalah 36 artikel dimana model pembelajaran yang diusulkan akan memiliki fungsi sebagai berikut: (1) Sebagai pendamping ahli dalam mengajar siswa inklusi; (2) Sebagai model yang dapat menduplikasi ahli mengajar untuk setiap siswa inklusi; (3) Karakteristik khusus setiap siswa akan dipelajari oleh Deep Learning sehingga dapat membentuk sistem pakar yang dipersonalisasi sesuai dengan siswa; (4) Sistem yang diusulkan bersifat taktis dengan sistem pakar yang mumpuni, serta didukung dengan proses komputasi yang terdistribusi sehingga dapat digunakan di berbagai kondisi wilayah meskipun belum didukung oleh infrastruktur jaringan internet yang baik.

Copyrights © 2021