Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Vol. 5 No. 1 (2017): Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani

AN ANALYSIS OF EDUCATIONAL VALUES FOUND IN UPIN AND IPIN ANIMATED MOVIE ON RAMADAN THEMED SERIES

RASYID RIDHO HAMIDY (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan yang ditemukan di filmseri animasi Upin dan Ipin yang bertema Ramadhan, dan 2) untuk mengetahui manfaat darimenonton film seri animasi Upin dan Ipin film yang bertema Ramadhan. Bentuk penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif dan penelitian perpustakaan. Data dalam penelitian ini berupa dialog yangmengandung nilai-nilai yang diucapkan oleh karakter dalam film seri animasi Upin dan Ipin yangbertema Ramadhan. Data diambil dari skenario dari fim seri animasi Upin dan Ipin. Untukmengumpulkan data yang diperlukan, tehnik yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui beberapa langkah: 1) menafsirkan data yangditemukan dalam dialog, 2) menganalisis dialog dan mengklasifikasikan mereka sesuai dengankategori berdasarkan nilai pendidikan, 3) memverifikasi dialog dengan teori terkait dalam penelitianini, dan 4 ) memberikan kesimpulan tentang nilai-nilai pendidikan yang ditemukan dalam film.Analisis data menunjukkan bahwa ada 12 nilai pendidikan dalam film animasi ini. Nilai-nilaipendidikan tersebut adalah: kejujuran, berani, perdamaian, percaya diri, disiplin, kemurnian,kesetiaan, rasa hormat, cinta dan kasih sayang, tidak mementingkan diri sendiri, baik dan ramah,adil dan humanis. Selanjutnya, peneliti menemukan ada tiga keuntungan utama dari menonton Upindan Ipin film animasi; keuntungan tersebut adalah: 1) media hiburan, 2) sumber inspirasi, dan 3)media pendidikan.Kata kunci: Sastra, Nilai Pendidikan, Film Animasi, Upin dan Ipin.The purposes of this research are: 1) to analyze the educational values found in Upin and Ipinanimated movie on Ramadan themed series, and 2) to know the benefits of watching Upin and Ipinanimated movie on Ramadan themed series. The research design of this research is descriptivequalitative and library research. In this research the data were in the form of dialogues containingvalues presented by the characters in Upin and Ipin animated movie which focused on Ramadanthemed series. The data were taken from screenplay of the Upin and Ipin animated movie. To collectthe data needed, observation and documentation techniques were used. The collected data werethen analyzed through some steps: 1) interpreting the data found in the dialogues, 2) analyzing thedialogues and classifying them according to categories based on educational value, 3) verifying thedialogues with related theory in this research, and 4) giving the conclusion about the educationalvalues found in the movie. Data analysis shows that there are 12 educational values in this animatedmovie. Those 12 educational values are: honesty, brave, peace, confident, discipline, purity, loyalty,respect, love and affection, unselfish, kind and friendly, fair and humanist. Furthermore, theresearcher finds there are three major advantages of watching Upin and Ipin animated movie; theyare: 1) medium of entertainment, 2) source of inspiration, and 3) medium of education.Keywords: Literature, Educational Value, Animated Movie, Upin and Ipin.

Copyrights © 2020