JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA)
Vol. 2 No. 2 (2017): Desember 2017

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLASH UNTUK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII

Ahmad Qosyim (Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya)
Ferit Very Priyonggo (Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

Penerapan media pembelajaran interaktif ditinjau dari aspek kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Media pembelajaran interaktif diterapkan di SMPN 3 Sidoarjo pada kelas VIII I. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa dan lembar tes. Teknik pengumpulan data dengan cara angket, observasi, serta pretest dan posttest. Berdasarkan kepraktisan dari penggunaan media, untuk keterlaksanaan didapatkan kriteria sangat baik, respon siswa mendapatkan respon positif dengan kriteria yang sangat baik, sedangkan untuk aktivitas siswa menunjukkan aktivitas yang positif. Hasil belajar siswa mendapatkan hasil yang sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media interaktif berbasis macromedia flash layak digunakan sebagai media pembelajaran.Kata Kunci : macromedia flash, hasil belajar siswa, sistem gerak manusia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppipa

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA) is a scientific journal that is managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Surabaya and published by Universitas Negeri Surabaya in collaboration with Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII). JPPIPA is ...