Sosietas : jurnal pendidikan sosiologi
Vol 11, No 1 (2021): Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi

Sandwich Parenting: Pola Asuh Keluarga Abad 21

Sabiq Aushaful Husain (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Pengatahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia)
Wilodati Wilodati (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Pengatahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia)
Rika Sartika (Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Pengatahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh keluarga abad 21 dengan keadaan seperti ‘roti sandwich’. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini menghasilkan: tipe pola asuh yang diterapkan oleh keluarga sandwich, yaitu tipe pola asuh authoritative dengan melibatkan anak dalam pembagian peran domestik dan melibatkan anak dalam setiap pengambilan keputusan keluarga. Selain itu, reward and punishment yang diberlakukan dalam keluarga sandwich sesuai dengan cost yang dikeluarkan oleh anak. Oleh karena itu, orang tua serta kakek dan/ nenek yang menggunakan tipe pola asuh authoritative dapat lebih terbuka dan dapat mengikuti keputusan yang diambil oleh anak tetapi tetap dengan pantauan dan kontrol dari orang tua serta kakek dan/nenek.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sosietas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

The objective of SOSIETAS is to publish outstanding and original articles which advance the theoretical understanding of and promote and report empirical research about the widest range of sociological topics. The journal encourages, and welcomes, submission of papers which report findings using ...