Sosietas : jurnal pendidikan sosiologi
Vol 9, No 1 (2019): SOSIETAS: JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI

Komunikasi Antara Peserta Didik Non-Disabilitas dan Peserta Didik Penyandang Autisme di Sekolah Inklusi

Pratiwi, Seli Septiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Artikel ini mencoba menggambarkan komunikasi dua arah antar peserta didik sebagai bagian dari interaksi sosial yang terjadi di sekolah inklusi. Pendidik dominan mengarahkan peserta didik untuk menciptakan kualitas komunikasi yang baik. Kontrol terhadap komunikasi dipengaruhi oleh aturan-aturan yang dibuat pendidik. Komunikasi antar peserta didik dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data fokus pada komunikasi peserta didik atas arahan dan aturan yang diberlakukan oleh pendidik. Menafsirkan komunikasi yang dilakukan antar peserta didik memerlukan proses yang mendalam tentang komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal. Komunikasi verbal berupa ucapan, tulisan, dan bacaan, sedangkan komunikasi non-verbal berupa gestur dan simbol yang dilakukan antar peserta didik. Aturan diberlakukan untuk peserta didik non-disabilitas dan peserta didik penyandang autis untuk menciptakan komunikasi yang baik diantara peserta didik. Data dikumpulkan selama berada di lingkungan sekolah inklusi. Dengan demikian, hal ini menarik bagi penulis untuk mempelajari komunikasi yang dilakukan peserta didik selama berada di sekolah inklusi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosietas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

The objective of SOSIETAS is to publish outstanding and original articles which advance the theoretical understanding of and promote and report empirical research about the widest range of sociological topics. The journal encourages, and welcomes, submission of papers which report findings using ...