JETI
Vol 4 No 1 (2021)

PEMBELAJARAN PERMAINAN (FUN LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PAUD NURUL AMIEN PATRANG JEMBER

Nurlaili Sa’adah (Unknown)
Makmuri Makmuri (Unknown)
Abdul Muis (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui pengaruh metode pembelajaran permainan (fun learning) dan motivasi belajar terhadap perkembangan sosial emosional anak PAUD Nurul Amien Patrang semester ganjil tahun pembelajaran 2020-2021. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh metode pembelajaran permainan (fun learning) terhadap perkembangan sosial emosional? 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap perkembangan sosial-emosional, dan 3) adakah pengaruh metode pembelajaran game (fun learning) dan motivasi belajar bersama terhadap perkembangan sosial-emosional? Responden penelitian ini adalah anak-anak PAUD Nurul Amien Patrang. Tujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran permainan (fun learning) terhadap perkembangan sosial emosional; 2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap perkembangan sosial emosional, dan 3) mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran permainan (fun learning) dan motivasi belajar bersama terhadap perkembangan sosial emosional. Responden penelitian ini adalah anak PAUD Nurul Amien Patrang semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 30 anak, daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi serta alat bantu wawancara. Derajat alat yang valid dan andal dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis instrumen yang digunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan: 1) Uji-t dan 2) Uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari metode pembelajaran permainan variabel (fun learning) 0,000 diperoleh kesimpulan sig. > 0,05, artinya ada pengaruh metode pembelajaran game (fun learning) terhadap perkembangan sosial emosional, 2) nilai sig. Variabel motivasi belajar sebesar 0,000, kesimpulan sig. > 0,05, artinya terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap perkembangan sosial emosional, 3) hasil analisis regresi diperoleh F-hitung 31,654 dengan sig. 0,000, karena> 0,05 maka terdapat pengaruh metode pembelajaran permainan (fun learning) dan motivasi belajar bersama terhadap perkembangan sosial emosional. Saran dari penelitian ini adalah pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran permainan (fun learning) dan memperhatikan motivasi belajar karena dapat berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JETI specifically emphasizes research in educational practice and scholastic reality in schools up to university level. JETI may be directly concerned with science education, but also welcomes manuscripts in the field of interdisciplinary research, the journal focuses on. 1. Character Education 2. ...