AbstrakTindak tutur tidak hanya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, melainkan juga memiliki makna, maksud, fungsi, dan tujuan dari apa yang disampaikan oleh penutur, serta dapat menumbuhkan sebab akibat pada mitra tutur. Dalam penelitian ini, penulis menelaah bentuk tindak tutur lokusi pada salah satu saluran youtube Nihongo Mantappu dalam video yang berjudul “Beropini Tentang Dunia Pendidikan Berkolaborasi Dengan Gitasavâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari dan menelaah bentuk dan jenis tindak tutur lokusi yang sinkron dengan ujaran yang disampaikan oleh Jerome Polin dan Gita Savitri pada salah satu video yang berjudul “Beropini Tentang Dunia Pendidikan Berkolaborasi Dengan Gitasav†dalam saluran youtube Nihongo Mantappu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini bersumber pada tuturan lisan dan tuturan tulis yang ditampilkan dengan video yang berjudul “Beropini Tentang Dunia Pendidikan Berkolaborasi Dengan Gitasav†pada saluran youtube Nihongo Mantappu. Bahan ini diakumulasikan pada tahap membaca, menyimak, dan mencatat pada setiap tuturan yang terdapat di dalam video. Hasil kajian ini menunjukkan bentuk tindak tutur lokusi yang terdiri atas 6 data berupa tindak tutur lokusi deklaratif, 3 data berupa tindak tutur lokusi interogatif, dan 2 data berupa tindak tutur lokusi imperatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan faedah dalam memahami bentukbentuk tindak tutur lokusi dan dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk penelitian-penelitian selanjutnya. Kata-kata kunci: Pragmatik, Tindak Tutur, Lokusi, YoutubeAbstractSpeech acts, it is not only used as a tool to communicate, but also has the meaning, intent, function, and purpose of what is conveyed by the speaker, and can foster cause and effect on the speech partner. In this study, the author will examine the form of locutionary speech acts on one of Nihongo Mantappu’s youtube channels in the video entitled“ â€Opinion About the World of Education in Collaboration With Gitasavâ€â€. The purpose of this research is to find and examine the forms and types of locutionary speech acts that are in sync with the speech delivered by Jerome Polin and Gita Savitri in one of the videos entitled “Opinion About the World of Education in Collaboration with Gitasav†on the Nihongo Mantappu youtube channel. In this research, the method used is descriptive qualitative technique. The material used in this study was sourced from oral speech and written speech which was displayed with a video entitled “Opinion About the World of Education in Collaboration with Gitasav†on the Nihongo Mantappu youtube channel. This material is accumulated at the reading stage, listening stage, and note-taking stage for each speech contained in the video. The results of this study indicate the form of locutionary speech acts consisting of 6 data in the form of declarative locutionary speech acts, 3 data in the form of interrogative locutionary speech acts, and 2 data in the form of imperative locutionary speech acts. After the completion of this research, the authors hope that this research is expected to provide benefits in understanding the forms of locutionary speech acts in order to make this research and can be used as reference material for further research. Keywords: Pragmatics, Speech Act, Locutionary, Youtube
Copyrights © 2021