Jurnal Basicedu
Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500

Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Intan Okta Yurisma (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Bukman Lian (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Chandra Kurniawan (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu proses pembelajaran menggunakan metode ceramah hanya berpusat kepada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Pusri Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan terikat. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain Postest Only Group Design, teknik pengumpulan data tes kelas eksperimen model pembelajaran STAD dan observasi kelas kontrol hasil belajar siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa nilai pada thitung > ttabel dengan nilai 1,84>1,495.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...