Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Efektivitas Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Matematika

Rizky Amelia (Universitas Labuhan Batu)
Sakinah Ubudiyah Siregar (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi pembelajaran matematika yang terjadi di sekolah, yang dapat memahami pelajaran matematika. 1) merupakan kelas yang paling konsentrasi dalam pembelajaran matematika yang perlu ditingkatkan. (2) adalah siswa berusia 16-17 tahun. (3) berada di kelas yang sama. Dari total empat kelas yang diperoleh dari rekomendasi awal sekolah, siswa yang kelasnya memenuhi kriteria yaitu kelas x IPA pada masing-masing kelas sebanyak 32 siswa. Kedua kelas ini dipilih setelah melalui tahap penyaringan berdasarkan hasil rekomendasi guru dengan metode observasi, wawancara dan catatan dokumentasi pembelajaran matematika serta diperiksa kesesuaiannya dengan hasil angket gangguan konsentrasi dalam pembelajaran matematika. ditemukan adanya perbedaan konsentrasi belajar matematika antara kelompok yang diberi intervensi dan kelompok yang tidak diberi intervensi. Kelompok yang diberikan intervensi memiliki gangguan konsentrasi belajar matematika yang lebih rendah dibandingkan kelompok yang tidak diberikan intervensi, sehingga dapat dikatakan intervensi pengelolaan kelas efektif dalam menurunkan gangguan konsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siswa SMA Negeri 3 Rantau Utara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...