Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPI 1 SMK Negeri 5 Jember dengan pokok bahasan virus dan protista. Pengumpulan data berupa hasil (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai KKL (Kriteria Ketuntasan Klasikal) pada ranah kognitif siklus I mencapai 73.52% dan pada siklus II mencapai 85.29% dengan peningkatan sebesar 11.77%, ranah psikomotorik siklus I dan siklus II yaitu 72.85% dan 85.24% dengan peningkatan sebesar 12.39%. Sedangkan ranah afektif pada siklus I dan II yaitu 70.48% dan 85.24% dengan peningkatan sebesar 14.76%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RQA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran, RQA, Hasil BelajarÂ
Copyrights © 2016