Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi
Vol 5, No 1 (2020): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

PENGARUH PENERAPAN METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK BIOLOGI

Rustam Rustam (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
St Syamsudduha (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Eka Damayanti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran gallery walk terhadap minat belajar biologi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Duampanua Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent postest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan analisis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan minat belajar peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrolmenggunakan metode gallery walk yang dibuktikan dengan nilait-test sebesar p = 0.002 (p 0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik. Rata-rata minat belajar dengan menggunakan metode gallery Walk sebesar 114,15 lebih tinggi dibanding nilai rata-rata minat belajar tanpa menggunakan metode gallery walk sebesar 106,60. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan metode gallery walk terhadap minat belajar biologi peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOMA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI adalah pupblikasi yang memuat artikel Pendidikan Biologi, Penelitian Murni Biologi, sumber, bahan, atau media pembelajaran Biologi / Sains (bahan pembelajaran Biologi di semua tingkat pendidikan dan aplikasi dalam masyarakat), Kurikulum Pendidikan ...