Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi
Vol 1, No 1 (2016): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

PENGGUNAAN HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA USE OF HYPNOTEACHING TO IMPROVE STUDENTS MOTIVATION AND ACTIVENESS

Ninik Hamidah Sawitri Komarayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah metode Hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi, keaktifan dan proses sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data didapat melalui 3 cara: (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 71% dan pada siklus II mencapai 79% yaitu mengalami peningkatan sebesar 8%. Keaktifan pada siklus I mencapai 65%, pada siklus II ketuntasan klasikalnya  mencapai 88% yaitu meningkat sebesar 23%. Sedangkan KPS pada siklus I mencapai 74%, pada KPS ini terdapat dua indikator yang mempunyai nilai rendah.Indikator tersebut yaitu, observasi dengan persentase 73%, dan menyusun hipotesis hanya 63%. Hal tersebut diperbaiki pada siklus II sehingga persentase klasiklanya mencapai 85% yaitu meningkat sebesar 11%. Kata kunci: Metode Hypnoteaching, Motivasi, Keaktifan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

BIOMA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI adalah pupblikasi yang memuat artikel Pendidikan Biologi, Penelitian Murni Biologi, sumber, bahan, atau media pembelajaran Biologi / Sains (bahan pembelajaran Biologi di semua tingkat pendidikan dan aplikasi dalam masyarakat), Kurikulum Pendidikan ...