Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi
Vol 4, No 2 (2019): BIOMA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM LAPANGAN (OUTDOOR PRACTICUM) BIOLOGI

Hifni Septina Carolina (Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung)
Asih Fitriana Dewi (Unknown)
Tika Mayang Sari (Unknown)
Tri Andri Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian praktikum lapangan (outdoor) biologi SMA/MA dan mengetahui kualitas instrumen penilaian tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dengan metode design based research (DBR). Model pengembangan ini terdiri dari: 1) Identifikasi dan analisis masalah oleh peneliti dan praktisi secara kolaboratif, 2) Mengembangkan prototype, 3) Melakukan proses berulang dan menguji prototype, 4) Refleksi menghasilkan produk. Data penelitian dikumpulkan melalui angket validasi ahli, angket respon peserta didik yang dianalisis secara kuantitas dan kualitas Hasil analisis data menunjukkan instrumen penilaian praktikum lapangan dari ahli materi sebesar 89,3 dengan kriteria sangat tinggi, penilaian dari ahli evaluasi sebesar 92,6 dengan kriteria sangat tinggi, dan penilaian ahi desain media sebesar 88,7 dengan kriteria sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen penilaian praktikum lapangan (outdoor) biologi dinyatakan layak digunakan. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BIOMA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI adalah pupblikasi yang memuat artikel Pendidikan Biologi, Penelitian Murni Biologi, sumber, bahan, atau media pembelajaran Biologi / Sains (bahan pembelajaran Biologi di semua tingkat pendidikan dan aplikasi dalam masyarakat), Kurikulum Pendidikan ...