Jurnal PORKES
Vol 4, No 2 (2021): PORKES

Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Setres Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi

Saputro, Arnaz Anggoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Pembelajaran  jarak  jauh selama pandemi Covid-19 memiliki beberapa kelebihan dan kendala. Kendala-kendala ini kemudian menjadi stressor yang menyebabkan stres akademik bagi mahasiswa sehingga diperlukan  keyakinan-keyakinan  (self-efficacy) dalam diri setiap individu agar mampu menghadapi dan menyelesaikan segala tuntutan-tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada 252 mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang dengan usia 18-21 tahun yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19.  Alat pengumpul data berupa kuesioner adaptasi Student-Life Stress Inventory dan General Self-efficacy (GSE). Analisis  data  dalam  penelitian ini menggunakan teknik uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa self-efficacy berpengaruh terhadap stres akademik pada mahasiswa (R=0,169; p=0,000). Hal ini menandakan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh yang   signifikan terhadap stres  akademik mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani  STKIP PGRI Jombang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

porkes

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup Jurnal Porkes adalah: Pendidikan Olahraga, Kesehatan Olahraga, Kepelatihan Olahraga, Olahraga Tradisional, Manajemen Keolahragaan, Kebugaran Jasmani, Biomekanika, Fisiologi Olahraga, Fisikologi ...