JURNAL ILMIAH INNOVATIVE (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian)
Vol 7 No 02 (2020): JURNAL ILMIAH INNOVATIVE (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian)

Pengaruh Strategi Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Suhartono (Unknown)
anik indramawan (Unknown)
Idawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2021

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi problem based learning terhadap keterampilan komunikasi lisan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas 1A (kelas eksperimen) dan kelas 1 D (kelas kontrol) pada program studi Pendidikan Agama Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPPS dengan uji ANOVA one way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi problem based learning terhadap keterampilan komunikasi lisan mahasiswa, dimana nilai signifikansi adalah 0,001 < 0,05. Strategi problem based learning mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap keterampilan komunikasi lisan mahasiswa dibandingkan dengan strategi brainstorming yang ditunjukkan dari rata-rata skor kuesioner keterampilan komunikasi lisan mahasiswa, rata-rata skor kuesioner strategi problem based learning adalah 75,97 dan rata-rata skor kuesioner dari strategi Brainstorming adalah 71,45. Strategi problem based learning dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran untuk peningkatan keterampilan komunikasi lisan mahasiswa atau peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

innovative

Publisher

Subject

Education

Description

INNOVATIVE: (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian) (print ISSN: 2355-4053 , online ISSN :2774-3640) Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah yang berisikan makalah yang diambil dari kajian analisis kritis di bidang pendidikan Islam. Di dalamnya juga terdapat karya asli dari dosen, peneliti, mahasiswa, dan ...