J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Vol 1, No 1 (2016): J-Alif Volume 1, Nomor 1, Nopember 2016

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT (STUDI KASUS DESA PARAPPE KEC. CAMPALAGIAN KAB. POLEWALI MANDAR)

Busrah Busrah (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Minat Masyarakat Membayar Zakat”, maka yang menjadi pokok permasalahan adalah sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat berkaitan dengan hukum-hukum zakat mal dan faktor penyebab kurangnya minat masyarakat membayar zakat mal. Dalam pengumpulan data, digunakan metode library research dan field research yang terdiri dari bahan bacaan kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian ini, dokumentasi digunakan untuk mencatat data-data yang diperlukan baik dalam bentuk dokumen-dokumen, interview digunakan untuk mengetahui sejauh mana peranan Pondok Pesantren dan Badan Amil Zakat Kecamatan (BAZCAM), dan angket digunakan untuk mengetahui fakator penyebab kurangnya minat masyarakat membayar zakat. Penelitian kuantitatif yang digunakan menggunakan teknik analisis datat statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih sangat rendahnya pengetahuan masyarakat Desa Parappe yang berkaitan dengan hukum-hukum zakat, dan faktor penyebab kurangnya minat membayar zakat mal adalah karna harta mereka tidak mencukup nishab dan haul, kemudian factor berikutnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat Desa Parappe mengenai hukum Islam yang berkaitan dengan zakat mal, serta tidak adanya mekanisme yang jelas soal pendistribusian harta zakat mal.  

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jalif

Publisher

Subject

Religion

Description

Hukum Ekonomi Syariah, dan Sosial Budaya Islam J-Alif. Adalah jurnal Fakulatas Agama Islam Universitas Al Asy’ariah Mandar. Terbit berkala Enam bulan sekali (Semester). Sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang Sosial Keagamaan dan Budaya ...