Indikator dalam penelitian ini yaitu kemampuan anak untuk berani tampil di depan kelas, show benda yang dipegang, show and tell benda yang dipegang dan mejawab pertanyaan dari guru. Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana metode show and tell dalam meningkatkan rasa percaya diri anak anak usia 4-5 tahun di TK IT Mun Kuta Lambhuk. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan III siklus, subjek pada penelitian berjumlah 7 anak terdiri dari 6 laki-laki dan 1 perempuan. Teknik pengumpulan data  berupa observasi melalui kegiatan show and tell benda yang dipegang oleh anak dengan tema sayuran dan transportasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa terjadinya peningkatan rasa percaya diri anak dengan memakai metode show and tell. Penelitian  ini menghasilkan bahwa dengan metode ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak berupa kegiatan anak mengamati benda yang dipegang guru. Kemudian guru mempersilahkan anak maju ke depan kelas dan memilih benda apa yang akan dipakai untuk kegiatan show and tell dengan benda yang telah dipilih anak, yaitu anak memperlihatkan benda yang dipegang lalu menceritakan ciri-ciri benda yang dipegang. Disimpulkan bahwa sudah berkembang rasa percaya diri anak sesuai harapan yaitu pada siklus I terdapat 43%, kemudian siklus  II meningkat menjadi 57% dan siklus III mencapai 86%.
Copyrights © 2021