Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE SHOW AND TELL

Arika, Hesti Wela (Unknown)
Maemonah, Maemonah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2021

Abstract

Indikator dalam penelitian ini yaitu kemampuan anak untuk berani tampil di depan kelas, show benda yang dipegang, show and tell benda yang dipegang dan mejawab pertanyaan dari guru. Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana metode show and tell dalam meningkatkan rasa percaya diri anak anak usia 4-5 tahun di TK IT Mun Kuta Lambhuk. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan III siklus, subjek pada penelitian berjumlah 7 anak terdiri dari 6 laki-laki dan 1 perempuan. Teknik pengumpulan data  berupa observasi melalui kegiatan show and tell benda yang dipegang oleh anak dengan tema sayuran dan transportasi. Penelitian ini  menghasilkan bahwa  terjadinya  peningkatan  rasa  percaya  diri  anak dengan memakai metode show and tell. Penelitian  ini menghasilkan bahwa dengan metode ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak berupa kegiatan anak  mengamati  benda  yang  dipegang  guru. Kemudian guru mempersilahkan anak maju ke depan kelas dan memilih benda apa yang akan dipakai untuk kegiatan show and tell dengan benda yang telah dipilih anak, yaitu anak memperlihatkan benda yang dipegang lalu menceritakan ciri-ciri benda yang dipegang. Disimpulkan bahwa sudah berkembang rasa percaya diri anak sesuai harapan yaitu pada siklus I terdapat 43%, kemudian siklus  II meningkat menjadi 57% dan siklus III mencapai 86%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...