Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 10, No 1 (2022): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

EFEKTIVITAS METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUKADDIMAH PONTIANAK (STUDI KASUS ANAK KIDAL)

sari, werry oktharia (Unknown)
Jati, Sri Nugroho (Unknown)
Diana, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Menulis adalah bagian penting dari kurikulum seni bahasa, tetapi sering kegiatan ini mendapat perharian paling sedikit. Anak-anak akan menulis menyampaikan pesan dengan menggunakan tanda, jauh sebelum mereka bisa membentuk atau bahkan mengenal huruf. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui seberapa besar efektivitas metode latihan terhadap kemampuan menggunakan tangan kanan saat menulis pada anak di TK Al-Mukaddimah Pontianak (studi kasus anak kidal). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan single case experimental design with single-subject design dan A-B-A (baseline1-perlakuan-baseline2). Hasil penelitian menunjukkan pada fase baseline1 sebelum diberikan perlakuan skor pada hari pertama hanya 10%, anak hanya mampu meletakkan jari telunjuk di atas pensil. Pada sesi kedua anak memperoleh skor 20%. Selanjutnya anak memasuki pada fase perlakuan yang dilakukan 6 sesi pertemuan masing-masing 15-20 menit. Fase perlakuan ini anak diberikan tugas yang sama pada fase baseline1, anak diarahkan oleh trainer dan diberikan perlakuan menggunakan metode latihan. Setiap sesi diukur frekuensi, durasi dan kualitas menulis menggunakan tangan kanan. Fase baseline2 dilakukan setelah fase perlakuan diberikan. Pada fase baseline2 menunjukkan skor 100%. Selisih skor fase baseline1 dengan skor fase baseline2 adalah 80%.Kata Kunci : Metode Latihan, Kemampuan Menulis, Anak Kidal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...