JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA
Vol 8 No 1 (2020): Januari-Juni

HUBUNGAN MOTIVASI INTRISIK DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PENCAPAIAN NILAI MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN NIFAS PRODI DIII KEBIDANAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019 STIKes INDRAMAYU

Cucu Nurmala (STIkes Indramayu)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Prestasi belajar mahasiswa dalam pendidikan kebidanan sangat penting untuk menilai tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan belajar yang telah ditetapkan dalam kurikulum kebidanan. Ada dua faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri mahasiswa yaitu motivasi. Pada hakikatnya motivasi belajar adalah dorongan internal pada seseorang yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung, hal ini mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal salah satunya adalah kompetensi yang dimilki oleh seorang dosen. Untuk mengetahui hubungan motivasi intrinsik dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen terhadap pencapaian nilai mata kuliah asuhan kebidanan nifas. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan Cross Sectional. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester III Program Studi Diploma Tiga Kebidanan STIKes Indramayu, dengan jumlah sampel 28 mahasiswa dengan menggunakan uji Chi Square. Menunjukan bahwa ada hubungan motivasi intrinsik dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen terhadap pencapaian nilai mata kuliah asuhan kebidanan nifas dengan nilai p value <0,05. Ada hubungan motivasi intrinsik dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen terhadap pencapaian nilai mata kuliah asuhan kebidanan nifas

Copyrights © 2020