Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora
Vol 8, No 2 (2010)

PEMBELAJARAN KONTEKTUAL PADA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA

Mahutma Gandhi (Dosen FKIP Universitas Terbuka pada UPBJJ-UT Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2010

Abstract

Keberhasilan pembelajaran IPS di sekolah dasar akan terwujud bila siswa berada dalam posisi membangun pengetahuan mereka lewat keikutsertaan secara aktif dalam proses pembelajaran. Keikutsertaan siswa dapat berbentuk pembelajaran berbasis kegiatan. Pembelajaran kooperatif dan penemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang pembelajaran kontekstual dalam mengajarkan IPS di Kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kelas dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Latar situasi sosial adalah tempat yakni 4 (empat) SDN yang ada di Kecamatan Banjarmasin Utara, pelaku adalah Guru dan kegiatannya adalah proses pembelajaran IPS SD di Kelas III. Sedangkan subjek penelitian ini adalah peristiwa, manusia dan situasi yang diamati dalam hal ini pembelajaran kontekstual dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat berlangsung baik di luar maupun di dalam kelas sesuai dengan tingkat kemampuan siswa memahami apa yang telah dimiliki atau pengalaman yang telah dimilikinya.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

khazanah

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Khazanah : Jurnal Studi Islam dan Humaniora ISSN 0215-837X and E-ISSN 2460-7606 is peer-reviewed national journal published biannually by the State Islamic University (UIN) of Antasari Banjarmasin. The journal is published biannually in June and ...