Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Bimibingan Belajar dengan Metode Pembelajaran AKSI (Aktif, Kreatif, Santai dan Inovatif) di Desa Selengen

Irwan Jayadi (Unknown)
Ni Luh Tania Putri Wijaya (Unknown)
Helena Damayanti Insani (Unknown)
Andi Cahyuni Candrawati (Unknown)
Ines Kurnila Sari (Unknown)
Sukmawati (Unknown)
Fridallyn Marischa Justine Mebe (Unknown)
Misfalatun (Unknown)
Ni Wayan Putri Widnyani (Unknown)
Nuri Aldhila Maqother (Unknown)
Isti Fardila Aeni (Unknown)
Nisa Zuliyana Afriani (Unknown)
Renita Maeta Safwan (Unknown)
Dimas Yanuar Perdana (Unknown)
Nuriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Tujuan dari Program Desa Mengajar ini adalah untuk memberikan bimbingan belajar kepada siswa siswi SDN 2 Selengen serta anak- anak dengan rentang usia 6- 12 tahun di Desa Selengen untuk memberikan pembelajaran. Objek dari penelitian ini adalah anak- anak sekolah SDN 2 Selengen dan anak- anak TPQ serta anak- anak di Desa Selengen. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan belajar yang diberikan oleh mahasiswa KKN PLP Unram dengan menggunakan metode AKSI untuk meningkatkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran. AKSI (aktif, kreativ, santai dan inovatif) merupakan strategi dalam mengajar yang membuat suasana dalam proses belajar mengajar menjadi aman dan nyaman sehingga terfokusnya pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru saat ini cenderung kegiatan yang didominasi dengan guru. Program desa mengajar ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dalam hal ini digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai kendala dari menurunnya minat belajar anak. Dalam penyampaian materi, biasanya guru menggunakan metode ceramah dan mencatat sehingga anak mudah bosan sehingga menyebabkan minat belajar anak menurun. Metode pembelajaran AKSI ini dipilih sebagai metode pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran di sekolah maupun di rumah agar tidak menurunnya tingkat penyerapan anak pada proses pembelajaran. Pada metode ini dilakukan dengan menuntut adanya partisipasi aktif dari seluruh peserta didik dengan guru menjadi motivator dan fasilitator. Adanya program kerja tambahan mengajar di desa pada KKN PLP UNRAM di Desa Selengen saat ini dapat membantu anak-anak dalam proses pembelajaran seperti memberikan pendampingan dan bimbingan pada proses pembelajaran yang bertujuan dapat meningkatkan semangat dan minat belajar peserta didik. Pendampingan dan bimbingan pada anak difokuskan pada peserta didik yang berada di SDN 2 Selengen, pengajaran agama anak-anak dengan rentang usia 6-12 tahun di Desa Selengen, dan memberikan bimbingan belajar di posko KKN PLP yang dapat meningkatkan semangat dan kebersamaan anak dengan mahasiswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...